Uji
Kompetensi Guru ( UKG) yang dilaksanakan oleh Kemendikbud awalnya ditujukan
untuk guru-guru yang sudah mendapat sertifikat pendidik profesional
(sertifikasi). Di awal kebijakan yang untuk memetakan kompetensi guru ini
mendapatkan pro kontra. Akhirnya tetap saja ujian untuk guru UKG dilaksanakan
juga bagi guru Non PNSpun diikutsertakan.
Tak terkecuali, UKG juga diujikan pada guru-guru sekolah dasar (SD). Apakah UKG ini akan terus dilaksanakan oleh Kemendikbud, untuk semua guru. Belum juga ada kejelasan. Tetapi tidak ada salahnya jika Bapak Ibu juga mengetahui kisi-kisi soalnya.
Tak terkecuali, UKG juga diujikan pada guru-guru sekolah dasar (SD). Apakah UKG ini akan terus dilaksanakan oleh Kemendikbud, untuk semua guru. Belum juga ada kejelasan. Tetapi tidak ada salahnya jika Bapak Ibu juga mengetahui kisi-kisi soalnya.
SOAL UJI KOMPETENSI GURU (UKG)
PENJASKES SD
100 SOAL
1.
|
Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk
dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
|
A.
|
menangkap makna secara penuh
|
B.
|
mengingat kembali kata-kata
|
C.
|
membandingkan informasi yang
diterima
|
D.
|
merumuskan alternatif pemecahan
masalah
|
2.
|
Suhu badan normal manusia adalah….
|
A.
|
40°C
|
B.
|
39°C
|
C.
|
38°C
|
D.
|
37°C
|
3.
|
Imunisasi ulang diberikan khusus wanita kelas VI SD
sebanyak 2 kali berturut-turut dengan tenggang waktu 4 minggu adalah….
|
A.
|
Depteri tetanus
|
B.
|
Tetanus texoid
|
C.
|
Bacillus calmette quiren
|
D.
|
Defteri pertusis tetanus
|
4.
|
Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada
siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang
disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan
demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap….
|
A.
|
penampilan
|
B.
|
pekerjaan
|
C.
|
sekolah
|
D.
|
status
|
5.
|
Tangki septic adalah
tempat menampung….
|
A.
|
Sampah
|
B.
|
Limbah
|
C.
|
Air buangan dapur
|
D.
|
tinja
|
6.
|
Lari termasuk cabang olahraga…..
|
A.
|
Atletik
|
B.
|
Senam
|
C.
|
Binaraga
|
D.
|
beladiri
|
7.
|
Selain anjing, binatang lain yang dapat menyebabkan rabies
adalah…..
|
A.
|
Kera
|
B.
|
Kodok
|
C.
|
Nyamuk
|
D.
|
Ikan
|
8.
|
Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan
Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 adalah kompetensi …..
|
A.
|
Kepribadian, pedagogik,
professional, dan manajerial.
|
B.
|
Kepribadian, pedagogik,
professional, dan social.
|
C.
|
Kepribadian, pedagogik,
professional, dan kewirausahaan.
|
D.
|
Pedagogik, professional,
manajeria, dan sosial.
|
9.
|
Kreativitas merupakan salah satu karakteristik
perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
|
A.
|
memecahkan masalah-masalah dalam
kehidupan sehari-hari yang
sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain |
B.
|
penalaran yang menggunakan
logika-logika yang dapat diterima
oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan |
C.
|
berfikir tentang sesuatu dengan suatu
cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan |
D.
|
mengembangkan ide-ide secara
cerdas dalam rangka penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang |
10.
|
Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya
penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud
untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
|
A.
|
Addition
|
B.
|
Restructuring
|
C.
|
Alternation
|
D.
|
Substitution
|
11.
|
Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
|
A.
|
Nomor 22 tahun 2006 tentang
Standar Isi
|
B.
|
Nomor 23 tahun 2006 tentang SKL
|
C.
|
Nomor 41 tahun 2007 tentang
Standar Proses
|
D.
|
Nomor 20 tahun 2007 tentang
Standar Penilaian Pendidikan
|
12.
|
Ruang Lingkup UKS meliputi pernyataan dibawah ini, kecuali
:
|
A.
|
Penyelenggaraan pendidikan
kesehatan
|
B.
|
Penyelenggaraan pelayanan
kesehatan
|
C.
|
Pembinaan lingkungan kehidupan
sekolah sehat
|
D.
|
Pembinaan Tim Olah Raga yang solid
|
13.
|
Berikut ini adalah karakteristik sikat gigi yang baik,
kecuali :
|
A.
|
bulu sikatnya keras sehingga mampu
menjangjau seluruh lapisan gigi.
|
B.
|
bulu sikatnya tidak terlalu keras
dan tidak terlalu lunak
|
C.
|
permukaan bulu sikat gigi rata,
kepala sikat gigi kecil,
|
D.
|
tangkai sikat gigi lurus.
|
14.
|
Zat pembangun adalah zat gizi yang diperlukan tubuh untuk
membangun atau untuk melakukan pertumbuhan. Yang bukan termasuk Zat
Pembangun adalah
|
A.
|
Protein
|
B.
|
Mineral
|
C.
|
Air
|
D.
|
Karbohidrat
|
15.
|
Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
|
A.
|
menunjukkan variasi yang besar
pada tinggi dan berat badan
|
B.
|
memiliki keterampilan fisik untuk
memainkan permainan
|
C.
|
penambahan-penambahan dalam
kemampuan motorik halus
|
D.
|
memiliki kemampuan dalam
mengangkat beban yang berat
|
16.
|
Salah satu jenis permainan tradisional yang kita pelajari
adalah….
|
A.
|
Rounders
|
B.
|
Kasti
|
C.
|
Kippers
|
D.
|
Gobag sodor
|
17.
|
Sumber makanan yang banyak B mengandung vitamin C adalah …
|
A.
|
Kangkung, daun singkong, bayam
|
B.
|
Jeruk, tomat, jambu
|
C.
|
Wortel, pepaya, nanas
|
D.
|
Semangka, salak, bayam
|
18.
|
Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar:
‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air,
pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa
yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang
diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan
bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
|
A.
|
seks
|
B.
|
penampilan
|
C.
|
kesehatan
|
D.
|
pekerjaan
|
19.
|
Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan
tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’,
maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
|
A.
|
mengenal pentingnya tata tertib di
mayarakat
|
B.
|
melaksanakan hidup rukun di
masyarakat
|
C.
|
mengenal lingkungan rumah dan
sekolah
|
D.
|
mengikuti tata tertib di rumah dan
sekolah
|
20.
|
Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar
Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
|
A.
|
adanya gangguan hubungan keruangan
|
B.
|
kesulitan dalam bahasa dan membaca
|
C.
|
gangguan mengenal dan memahami
simbol
|
D.
|
performance IQ lebih tinggi dari
skor Verbal IQ
|
21.
|
Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar
yang sering muncul pada siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui
pengerjaan soal ….
|
A.
|
4 + 3 = …..
|
B.
|
9 - 6 = …..
|
C.
|
8 - … = ….
|
D.
|
5 + 4 = ….
|
22.
|
Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia
sekolah dasar yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah
minat terhadap ….
|
A.
|
masalah sosial
|
B.
|
bidang olahraga
|
C.
|
tubuh manusia
|
D.
|
kesehatan manusia
|
23.
|
Kaporit dalam
system penjernihan air berfungsi sebagai….
|
A.
|
Menghilangkan bau
|
B.
|
Menghilangkan warna
|
C.
|
Mengharumkan air
|
D.
|
Membunuh kuman.
|
24.
|
Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa
SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
|
A.
|
suara
|
B.
|
kosakata
|
C.
|
artikulasi
|
D.
|
kelancaran
|
25.
|
Berikut ini adalah pernyataan yang benar mengenai Memelihara
Kebersihan Pribadi, kecuali :
|
A.
|
Upaya memelihara kebersihan
pribadi peserta didik tidak terlepas dari upaya pendidikan secara keseluruhan
dan pendidikan kesehatan pada khususnya, karena menjaga kebersihan pribadi
secara optimal, tidak mungkin dapat terwujud tanpa adanya penanaman sikap hidup
bersih dan contoh teladan dari orangtua dan masyarakat sekitarnya.
|
B.
|
Pendidikan kebersihan adalah salah
satu upaya pendidikan yang diberikan di sekolah dan di lingkungan rumah
tinggal.
|
C.
|
Memelihara kebersihan pribadi
perlu dukungan peralatan yang memadai karena tubuh kita senantiasa bergerak
dan berkeringat sehingga kuman mudah masuk atau menempel di tubuh kita.
|
D.
|
Yang diharapkan dari kebersihan
pribadi adalah agar peserta didik mengetahui akan manfaat dan pentingnya
kebersihan pribadi an mampu membersihkan bagian-bagian tubuh, serta mampu
menerapkan perawatan kebersihan pribadi dalam upaya peningkatan kesehatan
pribadi.
|
26.
|
Jika terjadi hands ball di daerah lapangan tengah
hukumannya adalah….
|
A.
|
Trow in
|
B.
|
Kick of
|
C.
|
Free kick
|
D.
|
Goal kick
|
27.
|
Pada usia remaja putra, pertumbuhan fisik akan terus
bertambah hingga usia….
|
A.
|
21 tahun
|
B.
|
20 tahun
|
C.
|
18 tahun
|
D.
|
19 tahun
|
28.
|
Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam
mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi
adalah :
|
A.
|
Standar Kompetensi
|
B.
|
Kompetensi Dasar
|
C.
|
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
|
D.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
29.
|
Dengan telah diberlakukannya Undang-Undang No. 32 Tahun
2004, maka berbagai program pelaksanaan UKS di setiap daerah pada dasarnya
diserahkan sepenuhnya kepada ………………………….. untuk menentukan prioritas
programnya
|
A.
|
Tim Pembina UKS di daerahnya
masing-masing
|
B.
|
Kepala Sekolah
|
C.
|
Dinas Pendidikan Tingkat Kecamatan
|
D.
|
Dinas Pendidikan Tingkat Kabupaten
|
30.
|
Kick off
dilakukan di….
|
A.
|
Tengah lapangan
|
B.
|
Pinggir lapangan
|
C.
|
Depan gawang
|
D.
|
Penjuru lapangan
|
31.
|
Materi Pendidikan Kesehatan di SD yang masuk dalam SAINS
pada KBK adalah sebagai berikut, KECUALI :
|
A.
|
Kebersihan dan kesehatan pribadi
|
B.
|
Makanan bergizi.
|
C.
|
Pendidikan kesehatan reproduksi.
|
D.
|
Sistem pernapasan
|
32.
|
Induk organisasi renang Indonesia adalah…
|
A.
|
PRSI
|
B.
|
PSII
|
C.
|
ISSI
|
D.
|
IPSI
|
33.
|
Mencegah selalu lebih baik dan murah daripada mengobati.
Oleh karena itu, penting sekali mengusahakan agar setiap orang dapat berbuat
dan melakukan usaha pencegahan, antara lain seperti dibawah ini, KECUALI
|
A.
|
Memelihara dan meningkatkan
kebersihan, serta menjauhkan diri dari sumber penyakit sehingga terhindar
dari penularan.
|
B.
|
Memeriksakan kesehatan diri
pribadi secara teratur dalam jangka waktu tertentu,sekurang-kurangnya dua
kali dalam setahun.
|
C.
|
Meningkatkan daya tahan tubuh
terhadap serangan penyakit, misalnya dengan jalan pengebalan (vaksinasi) dan
selalu makan makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan.
|
D.
|
Hanya makan makanan yang memiliki
standar kesehatan dari Kementerian Kesehatan sehingga asupan gizi yang masuk
ke tubuh kita memenuhi standar minimal.
|
34.
|
Sasaran Pembinaan UKS adalah seperti dibawah ini, kecuali
:
|
A.
|
Peserta didik dan Pembina UKS
|
B.
|
RPP dan Silabus di sekolah
termasuk metodologi mengajar
|
C.
|
Sarana dan prasarana pendidikan
kesehatan dan pelayanan kesehatan
|
D.
|
Lingkungan
|
35.
|
Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat
satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai
efisien dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut ….
|
A.
|
Standar Proses.
|
B.
|
Standar Kompetensi Lulusan.
|
C.
|
Standar Sarana dan Prasarana.
|
D.
|
Standar Pengelolaan.
|
36.
|
Agar penyakit tidak mudah menular / menyebar di sekitar
kita, maka kita harus…
|
A.
|
Membiarkan sampah menumpuk
|
B.
|
Membuang sampah dimana saja
|
C.
|
Selalu menjaga kebersihan
lingkungan
|
D.
|
Membiarkan saluran air kumuh
|
37.
|
Apabila terjadi pelanggaran handsball di titik A maka
hukumannya….
|
A.
|
Kick off
|
B.
|
Free kick
|
C.
|
Corner kick
|
D.
|
Corner kick
|
38.
|
Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika
guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru
telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk
mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
|
A.
|
kesehatan
|
B.
|
status
|
C.
|
penampilan
|
D.
|
pekerjaan
|
39.
|
Frekuensi pencucian rambut sangat tergantung kepada
hal-hal berikut, kecuali :
|
A.
|
Keadaan cuaca apakah dalam keadaan
lembab atau kering
|
B.
|
Tebal atau tipisnya rambut,
semakin tebal harus pula semakin sering dicuci.
|
C.
|
Lingkungan atau tempat berada
seseorang, misalnya pada lingkungan yang berdebu orang tersebut harus sering
mencuci rambutnya.
|
D.
|
Seseorang yang sering memakai
minyak rambut harus pula sering mencuci rambutnya.
|
40.
|
Tujuan Pendidikan Kebersihan Pribadi adalah seperti
dibawah ini, kecuali :
|
A.
|
Meningkatkan pengetahuan peserta
didik mengenai masalah kebersihan dan hubungannya dengan kesehatan
perseorangan, kesehatan keluarga, dan kesehatan masyarakat.
|
B.
|
Mengubah sikap mental peserta
didik kearah positif yang akan mendorong mereka agar secara sadar mencintai
kebersihan, berbuat dan berperilaku sesuai dengan prinsip hidup bersih dan
sehat dalam kehidupan sehari-hari.
|
C.
|
Meningkatkan keterampilan peserta
didik yang akan memungkinkan mereka memiliki kemampuan untuk hidup bersih,
baik untuk dirinya sendiri maupun untuk kepentingan keluarga dan
lingkungannya.
|
D.
|
Meningkatkan pengetahuan peserta
didik mengenai teknik bermain satu cabang olahraga sehingga memungkinkan
siswa berprestasi secara professional.
|
41.
|
Zat pengatur adalah zat gizi yang berfungsi mengatur
metabolism (proses kerja tubuh). Yang bukan termasuk kelompok zat pengatur
adalah
|
A.
|
air
|
B.
|
karbohidrat
|
C.
|
vitamin
|
D.
|
mineral.
|
42.
|
Perhatikan soal-soal di bawah ini.
75
68
27
13 _____ _ _____ + 58
71 Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering
dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
|
A.
|
proses penghitungan
|
B.
|
memahami simbol
|
C.
|
nilai tempat
|
D.
|
bahasa dan membaca
|
43.
|
Usaha Kesehatan Sekolah adalah wahana untuk meningkatkan
kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin. UKS
merupakan perpaduan dua upaya dasar yaitu …………
|
A.
|
upaya pendidikan dan upaya
kesehatan.
|
B.
|
Upaya pendidikan dan pelatihan
|
C.
|
Upaya olah raga dan kesehatan
|
D.
|
Upaya olah raga dan Pramuka
|
44.
|
Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda,
baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain
disebut . . . .
|
A.
|
Heterofil
|
B.
|
Homofil
|
C.
|
Holomofil
|
D.
|
Homogen
|
45.
|
Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara
kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan
kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
|
A.
|
Santosa S. Hamidjaja
|
B.
|
Mattew B. Milers
|
C.
|
Sumantri Mulyani
|
D.
|
Rabbin
|
46.
|
Induk organisasi bola basket di Indonesia adalah….
|
A.
|
Persani
|
B.
|
Perbasi
|
C.
|
PSSI
|
D.
|
Persetasi
|
47.
|
Pembelajaran Kontekstual dianggap pembelajaran yang
bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran
tersebut adalah ….
|
A.
|
Membangkitkan minat siswa.
|
B.
|
Merangsang siswa lebih aktif
belajar.
|
C.
|
Memberi kesempatan siswa
berkreasi.
|
D.
|
Membiasakan siswa belajar sesuai
dengan lingkungan.
|
48.
|
Pengoreksi sikap dan bentuk tubuh yang salah adalah tujuan
dari….
|
A.
|
Senam artistic
|
B.
|
Senam ritmik
|
C.
|
Senam irama
|
D.
|
General gymnastic
|
49.
|
Handspring termasuk gerakan …
|
A.
|
Atletik
|
B.
|
Renang
|
C.
|
Senam
|
D.
|
Silat
|
50.
|
Berat peluru yang dilombakan untuk putra senior adalah …
|
A.
|
4 kg
|
B.
|
4,26 kg
|
C.
|
7 kg
|
D.
|
7,26 kg
|
51.
|
Alat pengukur suhu tubuh adalah….
|
A.
|
Barometer
|
B.
|
Thermometer
|
C.
|
Stopwatch
|
D.
|
Speedometer
|
52.
|
Puskesmas adalah salah satu bentuk pelayanan kesehatan
pemerintah yang dilaksanakan pada tingkat….
|
A.
|
RW
|
B.
|
Desa
|
C.
|
Kecamatan
|
D.
|
Kotamadya
|
53.
|
Posisi di depan penjaga gawang adalah…
|
A.
|
Back
|
B.
|
Playmaker
|
C.
|
Striker
|
D.
|
Keeper
|
54.
|
Usaha Kesehatan Sekolah dijadikan sebagai usaha
meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis dan jenjang
pendidikan, KECUALI :
|
A.
|
TK/RA
|
B.
|
Pendidikan Dasar SD/MI
|
C.
|
Pendidikan menengah SMP/MTs dan
SMA/SMK/MA.
|
D.
|
Mahasiswa Perguruan Tinggi
|
55.
|
UKS merupakan salah satu wahana untuk ………….
|
A.
|
Memupuk kerjasama dan toleransi
diantara para siswa sedini mungkin
|
B.
|
Meningkatkan kemampuan hidup sehat
dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin.
|
C.
|
Meningkatkan tingkat kecerdasan
dan keahlian siswa sedini mungkin
|
D.
|
Memupuk jiwa kepemimpinan siswa
sedini mungkin
|
56.
|
Permainan bola basket berasal dari….
|
A.
|
Inggris
|
B.
|
Belanda
|
C.
|
Amerika
|
D.
|
Norwegia
|
57.
|
Alat yang dipergunakan untuk senam lantai adalah….
|
A.
|
Papan
|
B.
|
Ubin
|
C.
|
Matras
|
D.
|
Bale
|
58.
|
Ventilasi udara dalam rumah berguna untuk….
|
A.
|
Pergantian cahay matahari
|
B.
|
Pergantian suasana
|
C.
|
Pergantian udara
|
D.
|
Ke luar masuknya masuk
|
59.
|
Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral
merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada
fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara
berikut, kecuali ….
|
A.
|
coba-ralat (trial and error)
|
B.
|
pendidikan langsung,
|
C.
|
identifikasi
|
D.
|
observasi
|
60.
|
Salah satu kegiatan social yang dilakukan dalam posyandu
adalah antaralain…
|
A.
|
Penyuluhan gizi
|
B.
|
Operasi kelahiran
|
C.
|
Perawatan penyakit kronis
|
D.
|
Pemberian obat
|
61.
|
Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia
berkelompok’. Pernyataan tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak
dalam aspek ….
|
A.
|
sosial
|
B.
|
moral
|
C.
|
intelektual
|
D.
|
emosional
|
62.
|
Upaya pertama dan yang paling utama agar seseorang dapat
tetap dalam keadaan sehat adalah dengan ………..
|
A.
|
Menjaga kesehatan di lingkungan
keluarga
|
B.
|
Menjaga kesehatan di lingkungan
sekolah
|
C.
|
Menjaga kebersihan dan kesehatan
diri sendiri
|
D.
|
Menjaga kesehatan di lingkungan
sekitar
|
63.
|
Induk organisasi atletik tingkat dunia adalah….
|
A.
|
FIFA
|
B.
|
IAAF
|
C.
|
FIBA
|
D.
|
FINA
|
64.
|
Zat makanan yang berfungsi sebagai sumber tenaga adalah …
|
A.
|
Protein, mineral, air
|
B.
|
Vitamin, mineral, air
|
C.
|
Karbohidrat, lemak, protein
|
D.
|
Lemak, vitamin, air
|
65.
|
Tujuan pemanasan sebelum melakukan latihan, kecuali…
|
A.
|
Menghindari tejadinya cedera
|
B.
|
Meningkatkan suhu badan
|
C.
|
Menyiapkan fisik dan mental
|
D.
|
Untuk memenangkan pertandingan
|
66.
|
Organisasi Tim Pembina UKS pada tingkatan pemerintahan
secara berjenjang diatur sebagai berikut, KECUALI :
|
A.
|
Tim Pembina UKS Pusat, dibentuk di
tingkat Pusat dan ditetapkan oleh Mendiknas, Menkes, Menag, dan Mendagri (SKB
4 Menteri);
|
B.
|
Tim Pembina UKS tingkat sekolah
dibentuk di tingkat sekolah dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah
|
C.
|
Tim Pembina UKS Provinsi, dibentuk
di tingkat Provinsi dan ditetapkan oleh Gubernur;
|
D.
|
Tim Pembina UKS Kabupaten/Kota,
dibentuk di tingkat Kabupaten/Kota dan ditetapkan oleh Bupati/Walikota;
|
67.
|
Gerakan renang yang menyerupai hewan adalah …
|
A.
|
Gaya bebas
|
B.
|
Gaya dada
|
C.
|
Gaya punggung
|
D.
|
Gaya kupu-kupu
|
68.
|
Berikut ini adalah pernyataan yang benar mengenai Pertumbuhan,
kecuali..................
|
A.
|
Pertumbuhan berkaitan dengan
berkembangnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks
dalam pola yang teratur dan dapat diperkirakan
|
B.
|
Pertumbuhan berkaitan dengan
masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel
|
C.
|
Pertumbuhan berkaitan dengan
masalah perubahan organ maupun individu, yang biasanya diukur dengan ukuran
berat (kilogram), ukuran panjang ( cm, meter), umur tulang dan keseimbangan
|
D.
|
Pertumbuhan mempunyai dampak
terhadap aspek fisik.
|
69.
|
Pelaksanaan pendidikan kesehatan pada jam pelajaran sesuai
dengan Garis-garis Besar Program Pengajaran mata pelajaran sains dan ilmu
pengetahuan social adalah pelaksanaan pendidikan melalui …………..
|
A.
|
kegiatan kurikuler
|
B.
|
kegiatan ekstrakurikuler
|
C.
|
Palang Merah Remaja
|
D.
|
Muatan Lokal
|
70.
|
Pengukuran pertumbuhan perlu dilakukan untuk menentukan
apakah tumbuh kembang seseorang berjalan normal atau tidak. Anak yang sehat
akan menunjukan pertumbuhan yang optimal. Manfaat pengukuran pertumbuhan
adalah sebagai berikut KECUALI :
|
A.
|
Sebagai bahan informasi untuk
menilai keadaan kekurangan gizi baik yang akut maupun yang kronis.
|
B.
|
Basis data fisik dan pribadi anak
sebagai dasar pengiriman ke cabang olahraga yang relevan
|
C.
|
Memonitor keadaan kesehatan,
misalnya pada pengobatan penyakit.
|
D.
|
Dasar perhitungan dosis obat dan
makanan yang perlu diberikan.
|
71.
|
Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’,
kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
|
A.
|
membagi
|
B.
|
menjumlah
|
C.
|
mengurang
|
D.
|
menghitung
|
72.
|
Jarak yang ditempuh dalam lari estafet adalah….
|
A.
|
4 x 300 m
|
B.
|
4 x 400 m
|
C.
|
1.600 m
|
D.
|
4 x 500 m
|
73.
|
Imunisasi mempunyai sifat….
|
A.
|
Preventif
|
B.
|
Kuratif
|
C.
|
Rehabilitative
|
D.
|
Presentatif
|
74.
|
Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
|
A.
|
kesulitan memulai sesuatu, tetapi
jika berhasil akan bertahan
sampai akhir |
B.
|
menampakkan marah apabila
mengalami kesulitan di sekolah
|
C.
|
mulai muncul perasaan simpati
kepada orang yang lebih dewasa
|
D.
|
mulai muncul perasaan simpati
kepada orang yang lebih dewasa
|
75.
|
Tempra adalah salah satu obat….
|
A.
|
Diare
|
B.
|
Dehidrasi
|
C.
|
Turun panas
|
D.
|
Cacingan
|
76.
|
Apabila terjadi pelanggaran di depan goal area oleh pemain
bertahan maka hukumannya adalah….
|
A.
|
Goal kick
|
B.
|
Penalty
|
C.
|
Free kick
Corner |
D.
|
kick
|
77.
|
Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata
pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
|
A.
|
nama-nama keluarga
|
B.
|
penampilan diri
|
C.
|
ikatan kekerabatan
|
D.
|
jenis pekerjaan orang tua
|
78.
|
Tim UKS di Sekolah/Madrasah dan Perguruan Agama
memiliki tugas dan wewenang selaku :
|
A.
|
Tim Pembina
|
B.
|
Tim Pelaksana
|
C.
|
Tim Pengawas
|
D.
|
Tim Pemantau
|
79.
|
Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah seperti
tersebut dibawah ini, kecuali :
|
A.
|
meningkatkan mutu pendidikan dan
prestasi belajar peserta didik melalui peningkatan kualitas derajad kesehatan
|
B.
|
meningkatkan perilaku hidup bersih
dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik maupun warga belajar
|
C.
|
menciptakan lingkungan yang sehat,
sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal
dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.
|
D.
|
menciptakan tim olahraga yang
solid yang siap berprestasi baik di tingkat local maupun internasional
|
80.
|
Satu regu dalam permainan sepak bola adalah….
|
A.
|
10 orang
|
B.
|
11 orang
|
C.
|
12 orang
|
D.
|
13orang
|
81.
|
Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan
bendabenda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka
kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
|
A.
|
membuat karangan deskriptif
|
B.
|
melengkapi kalimat belum selesai
|
C.
|
menyusun kalimat sederhana
|
D.
|
membaca kalimat sederhana
|
82.
|
Dalam lari kemenangan ditentukan oleh….
|
A.
|
jarak lari
|
B.
|
timer
|
C.
|
waktu tempuh
|
D.
|
starter
|
83.
|
Lari estafet disebut juga….
|
A.
|
Suttle run
|
B.
|
Steaplecease
|
C.
|
Sprint
|
D.
|
Berantai
|
84.
|
Jumlah pelari tiap regu lari estafet adalah…
|
A.
|
1 orang
|
B.
|
2 orang
|
C.
|
3 orang
|
D.
|
4 orang
|
85.
|
Pahit kadang manis
|
A.
|
Terasa manis
|
B.
|
Tidak berwarna dan tidak berbau
|
C.
|
Berbau dan berwarna
|
D.
|
Pahit kadang manis
|
86.
|
Orang bertugas mengukur kecepatan lari disebut….
|
A.
|
Starter
|
B.
|
Timer
|
C.
|
Sprinter
|
D.
|
Juri
|
87.
|
Kuku jari tangan maupun jari kaki harus selalu dipelihara
kebersihannya. Ciri-ciri kuku yang sehat adalah seperti dibawah ini kecuali :
|
A.
|
Permukaan agak kasar sebagai
pertanda kuku yang sehat
|
B.
|
Kuku tumbuh dengan baik
|
C.
|
Kuat
|
D.
|
Bersih
|
88.
|
Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang
dilakukan termasuk . . . .
|
A.
|
Bujukan (persuasion)
|
B.
|
Konfirmasi (confirmation)
|
C.
|
Implementasi (implementation)
|
D.
|
Pengembalian keputusan (decision
making)
|
89.
|
Dibawah Ini yang tidak termasuk menu makanan empat
sehat lima sempurna adalah :
|
A.
|
Sepiring nasi sebagai sumber zat
tenaga
|
B.
|
Sepotong daging atau ikan atau
sepotong tempe sebagai sumber zat pembangun
|
C.
|
Semangkuk sayur
|
D.
|
Segelas es kelapa muda untuk
menggantikan ion tubuh yang hilang
|
90.
|
Start yang digunakan pelari 100 meter adalah….
|
A.
|
Standing start
|
B.
|
Flying start
|
C.
|
Start melayang
|
D.
|
Buch start
|
91.
|
Induk organisasi sepak bola dunia adalah….
|
A.
|
FIFA
|
B.
|
FINA
|
C.
|
FIBA
|
D.
|
IAAF
|
92.
|
Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap
menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan
.................................
|
A.
|
Tahap pengetahuan (kowledge)
|
B.
|
Tahap bujukan (persuasion)
|
C.
|
Tahap pengembalian keputusan
(decision making)
|
D.
|
Tahap implementasi
(implementation)
|
93.
|
Gaya gunting adalah gaya dalam….
|
A.
|
Lompat jauh
|
B.
|
Lompat tinggi
|
C.
|
Lompat indah
|
D.
|
Lompat jangkit
|
94.
|
Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum
mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang
terjadi negara tetangga’, adalah ….
|
A.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa
alam yang terjadi di Indonesia
|
B.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa
alam yang terjadi di Eropa
|
C.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa
alam yang terjadi di Asia
|
D.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa
alam yang terjadi di Afrika
|
95.
|
Dalam usaha peningkatan kesehatan, masalah kebiasaan hidup
bersih, menyenangi kebersihan dan keserasian harus ditanamkan sejak dini,
yaitu :
|
A.
|
Sejak bayi masih berada dalam
kandungan
|
B.
|
dari kelas satu sekolah dasar,
bahkan sejak ditaman kanakkanak (pra sekolah).
|
C.
|
Sejak kelas 3 SD
|
D.
|
Sejak kelas 5 SD
|
96.
|
Perut terasa mual, nafsu makan berkurang, tidak bergairah,
wajah pucat, lesu, perut buncit, dan gatal-gatal di sekitar dubur adalh
tand-tanda penyakit….
|
A.
|
Kurang gizi
|
B.
|
TBC
|
C.
|
Cacingan
|
D.
|
diare
|
97.
|
Urutan latihan untuk mencapai kebugaran jasmani adalah….
|
A.
|
Latihan inti, latiahan pemanasan,
latihan pendinginan
|
B.
|
Latihan pemanasan, latihan
pendinginan, latihan inti
|
C.
|
Latihan pemanasan, latihan inti,
latihan pendinginan
|
D.
|
Latihan pendinginan, latihan
pemanasan, latihan inti
|
98.
|
Usia remaja yang sudah dapat mengendalikan emosi adalah….
|
A.
|
Remaja pemuda
|
B.
|
Remaja yunior
|
C.
|
Remaja senior
|
D.
|
Remaja usia puber
|
99.
|
Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan diberikan melalui :
|
A.
|
Kegiatan kurikuler
|
B.
|
Kegiatan ekstrakurikuler
|
C.
|
Kegiatan kurikuler dan kegiatan
ekstrakurikuler
|
D.
|
Melalui Perkemahan Sabtu Malam
Minggu
|
100.
|
Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah....
|
A.
|
mulai menyukai teman sebaya sesama
jenis
|
B.
|
berperan serta dalam permainan
logika
|
C.
|
menyukai teman sebaya lawan jenis
|
D.
|
dapat bekerja dalam durasi waktu
yang lama
|
Ada kunci jawabannya?? Kalau ada itu sangat membantu...
ReplyDelete