Rencana Pelaksanaan Pembeajaran (RPP)
Halo Bapak dan Ibu guru, pada kesempatan kali
ini saya akan membagikan RPP Kelas 3 SD /
MI Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
dan 2 untuk semua tema dan sub tema yang bisa di
unduh secara gratis.
Di sini kami juga telah menyusunnya dengan
sedemikian rupa agar Bapak dan Ibu guru bisa
mendownloadnya dengan mudah.
RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan
secara rinci mengacu pada silabus,
buku teks pelajaran,buku
panduan guru, dan referensi lain yang mendukung.Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau
berkelompok (KKG) di sekolah/madrasah yang dapat dikoordinasikan, difasilitasi, dan
disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.
Komponen RPP
Komponen RPP merujuk pada
Permendikbud No. 22 Tahun 2016, terdiri atas:
a.
identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b.
identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c.
kelas/semester;
d.
materi pokok;
e.
alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan
beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam
silabus dan KD yang harus dicapai;
f.
tujuan
pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja
operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan;
g.
kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h.
materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip,
dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan
rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i.
metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar siswa mencapai KD yang disesuaikan dengan
karakteristik siswa dan KD yang akan dicapai;
j.
media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk
menyampaikan materi pelajaran;
k.
sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam
sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l.
langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti,
dan penutup; dan
m.
penilaian hasil pembelajaran.
Catatan: Komponen RPP
tersebut di atas bersifat minimal, artinya setiap satuan pendidikan diberikan
peluang untuk menambah komponen lain, selama komponen tersebut memberikan
kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran
|
Prinsip - Prinsip Penyusunan RPP
Mekanisme pelaksanaan pembelajaran mencakup perencanaan,
pelaksanaan (termasuk didalamnya kegiatan evaluasi), dan pertimbangan daya dukung.Tahap pertama,
perencanaan pembelajaranyangdiwujudkan dengan
kegiatan penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan
prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat
intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial,
emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang
budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
- Partisipasi aktif siswa.
- Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat,
kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk
mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi
dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program
pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata
pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi
secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan
Langkah – langkah
Penyusunan RPP
a. Mengkajisilabus
tematik meliputi: (1) KI dan KD;
(2) materi pembelajaran; (3)proses pembelajaran;
(4) penilaian pembelajaran; (5)
alokasi waktu; dan (6) sumber belajar.
b. MerumuskanindikatorpencapaianKD.
c. Mengembangkan materi pembelajaran. MateriPembelajarandapatberasaldaribukutekspelajaran (buku siswa) dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal,materi
kekinian, konteks pembelajaran dari
lingkungansekitaryang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaranreguler,
pengayaan, dan remedial.
d. Menjabarkan kegiatan pembelajaran yangadapada silabus dalam
bentukyang lebih operasionalberupapendekatan saintifik disesuaikan dengan
kondisi siswa dan satuanguruantermasuk penggunaan
media,alat, bahan, dan sumber belajar.
e. Menentukan
alokasi waktu untuk setiap pertemuan
berdasarkan alokasiwaktu padasilabus.Selanjutnya
dibagi ke dalam kegiatanpendahuluan,
inti, dan penutup.
f. Mengembangkan
penilaian pembelajaran dengan cara
menentukanlingkup, teknik, dan instrumen
penilaian, serta membuatpedoman
penskoran.
g. Menentukanstrategipembelajaranremedialsegerasetelah dilakukan penilaian.
h. Menentukan Media,
Alat, Bahan, dan Sumber
Belajar disesuaikan dengan
yang telah ditetapkandalamlangkah
penjabaran proses pembelajaran.
Contoh Format RPP Tematik Terpadu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
TEMATIK TERPADU
Sekolah : ..................................
Kelas/Semester : ..................................
Tema : ..................................
Subtema : ..................................
Pembelajaran
ke : ..................................
Alokasi
Waktu : ..................................
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
...............................................................................................................................
2.
...............................................................................................................................
3.
...............................................................................................................................
4.
..............................................................................................................................
PPKn
Bahasa
Indonesia
Matematika
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
KegiatanPendahuluan
2.
KegiatanInti
Salah satu alternatif yang dapat
digunakan dalam kegiatan inti adalah pendekatan saintifik, yaitu :
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkaninformasi/mencoba
·
Menalar/mengasosiasi
·
Mengomunikasikan
3.
KegiatanPenutup
G. Penilaian
1.Teknikpenilaian
2.Instrumenpenilaian
3.PembelajaranRemedialdanPengayaan Pembelajaran
H. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/alat
2.Bahan
3.SumberBelajar
|
Nah bagi Bapak dan Ibu guru yang ingin mendownload RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi di sini kami mengurutkannya berdasarkan tema.
File RPP yang ada di sini memiliki format .doc, sehingga Bapak dan Ibu guru bisa menyesuaikannya sendiri jika memang ada bagian yang kurang dan perlu disesuaikan.
Berikut ini deretan RPP Kelas 3 yang bisa di untuh oleh Bapak dan Ibu guru:
RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 - Tema 1
- Tema 1 Sub Tema 1 : Download
- Tema 1 Sub Tema 2 : Download
- Tema 1 Sub Tema 3 : Download
- Tema 1 Sub Tema 4 : Download
Sistem Penjaminan Mutu Internal ( SPMI )
KKM Revisi Terbaru
Demikian informasi mengenai RPP Kelas 3 SD yang bisa kami sampaikan, jika Bapak dan Ibu guru ingin meminta RPP yang lain jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui kolom komentar. Terimakasih
No comments:
Post a Comment